-->
  • Jelajahi

    Copyright © Celoteh Kawanku
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    10 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya agar Panjang Umur

    Thursday, August 30, 2018, August 30, 2018 WIB Last Updated 2018-09-04T02:18:34Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    penyebab penuaan dini dan cara mencegahnya

    Penyebab Penuaan Dini – Kasus penuaan dini semakin sering ditemukan pada zaman sekarang. Hal ini mungkin karena semakin banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya. Selain itu, memang banyak juga hal-hal sepele yang dapat menjadi penyebab penuaan dini.
    Jika kamu ingin mencegah penuaan dini dan selalu tampil awet muda serta panjang umur, kali ini Tokopedia akan membahas penyabab penuaan dini dan juga cara mencegahnya. Yuk, simak selengkapnya Toppers!
    Faktor-faktor Penyebab Penuaan Dini

    1. Kebiasaan Merokok


    penyebab penuaan dini merokok
    Sumber Foto: Pexels

    Merokok tidak ada baiknya untuk kesehatan tubuhmu. Selain menyebabkan berbagai jenis kanker, merokok juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini, Toppers. Nikotin yang terdapat di dalam rokok adalah penyebab dari penuaan dini. Nikotin akan memicu sel-sel kulit menjadi kekurangan air dan kehilangan kelembabannya dan membuatnya menjadi kering.
    Selain itu, rokok juga akan mengurangi kadar vitamin A yang ada di pada kulit wajah. Vitamin A ini digunakan sebagai antioksidan alami yang akan menangkal radikal bebas di wajah.

    2. Konsumsi Minuman Beralkohol

    Hampir sama seperti merokok, meminum minuman beralkohol membawa banyak dampak buruk bagi tubuh, salah satunya mempercepat penuaan dini. Dalam minuman ini, terdapat banyak sekali kandungan gula dan kalori yang berbahaya bagi kesehatanmu. Meminum alkohol juga membuat nutrisi pada kulit menghilang dan membuatnya lebih buruk.

    3. Terlalu Stres

    Pernahkah kamu mendengar orang tua mengatakan, “Jangan kebanyakan stres, nanti cepat tua.” Ternyata perkataan ini ada benarnya, Toppers. Sebuah studi telah menemukan bahwa mereka yang mengalami stres terutama dalam jangka waktu panjang akan mengalami penuaan dini dan juga memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere.
    Leukosit ini memiliki peranan penting bagi sistem imun tubuh. Jika kekurangan telomere maka leukosit akan mengalami kesusahan dalam menggandakan diri. Oleh karena itu, jika seseorang stres, maka leukosit akan berkurang dan juga dapat memicu penuaan dini.

    4. Kekurangan Nutrisi


    penyebab penuaan dini kurang nutrisi
    Sumber Foto: Pexels

    Salah satu penyebab penuaan dini lainnya adalah kekurangan nutrisi. Tanpa adanya nutrisi yang cukup, tampilan kulit juga akan menjadi buruk. Karena, dalam sehari-hari kulit membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang seimbang untuk melawan radikal bebas dan untuk memperbarui sel saat melawan sinar Matahari.

    5. Tidur Tidak Berkualitas

    Kekurangan tidur pun juga merupakan penyebab penuaan dini, Toppers! Proses peremajaan kulit terjadi pada saat tubuh sedang istirahat. Tapi, proses ini akan sangat terganggu jika periode istirahat itu berkurang. Hal tersebut akan menyebabkan penuaan dini.
    6. Terpapar Sinar Matahari Berlebih

    penyebab penuaan dini
    Sumbar Gambar: Pixabay

    Sinar Matahari memang menyehatkan jika kita terpapar di pagi hari. Namun, akan berbeda cerita jika kamu terkena sinarnya di siang hari. Sebuah studi bahkan menyebut, bahwa 80 persen penyebab penuaan dini terjadi karena paparan sinar Matahari yang berlebihan. Sinar ultraviolet dinilai bisa merusak kolagen dan elastisitas kulit, sehingga membuatmu lebih cepat tua.

    7. Lingkungan Berpolusi

    Saat ini, di kota-kota besar memiliki tingkat polusi udara yang mengkhawatirkan. Beberapa penyebabnya, yaitu seperti asap dari pabrik dan banyaknya kendaraan bermotor. Polusi membuat atmosfer Bumi ‘rusak’, sehingga bisa menyebabkan sinar ultraviolet ‘menyerang’ kulit kita, dan bahkan dapat menimbulkan kanker kulit.

    8. Terlalu Ekspresif


    penyebab penuaan dini
    Sumber Gambar: Pixabay

    Salah satu penyebab penuaan dini yang mungkin tak kamu duga, yaitu terlalu ekspresif. Ekspresi pada wajah yang dilakukan berulang kali dapat menimbulkan garis-garis pada wajah dan mempercepat keriput. Apalagi ditambah dengan bertambahnya usia, lama kelamaan garis-garis di wajah akan terlihat lebih jelas dari hari ke hari.

    9. Salah Posisi Tidur

    Kebiasaan posisi kamu saat tidur ternyata mampu mempercepat penuaan dini lho, Toppers. Hal ini terjadi terutama bagi kamu yang terbiasa tidur dalam posisi miring dan tengkurap. Tidur telentang bisa menjadi solusi, karena wajah tidak tertutup bantal. Meski begitu, sebenarnya tidur telentang tidak lebih baik dibanding tidur miring ke kanan.

    10. Faktor Genetik

    Salah satu hal yang tidak bisa dihindari dari penuaan dini, yaitu faktor genetik. Gen yang diwariskan orang tua bisa membuat penuaan dini tak bisa terhindarkan. Namun, kabar gembira jika ternyata orang tuamu mewariskan gen awet muda, maka kamu pun akan mengalami hal yang sama.
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terkini

    NamaLabel

    +